Ingat! Segera Ganti Oli Sebelum Mesin Mobil Jebol

Ingat! Segera Ganti Oli Sebelum Mesin Mobil Jebol

Selasa, 29 Oktober 2019 16:02 Trik Hazna Fairuz

 

Koropak.co.id - Kendaraan memiliki batas dalam penggunaan mesinnya. Terutama oli mesin harus diperhatikan karena memiliki jangka waktu pemakaian. Pelumas ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja dan seberapa sering kendaraan dipakai.

Jika kamu telat mengganti oli mobil atau malah tidak menggantinya sama sekali, akan fatal akibatnya. Untuk mencegah kerusakan mesin mobil, kamu perlu tahu resiko yang akan dirasakan ketika kamu lupa mengganti oli. Berikut Koropak telah menyiapkan ulasannya.

1. Overheating
Fungsi utama oli adalah sebagai pendingin mesin mobil. Jika melebihi batas pemakaian yang sewajarnya, maka oli tidak bisa bekerja maksimal sehingga akan menyebabkan suhu mesin mobil mengalami kenaikan di atas normal. Jika gejala overheating mulai terasa, segera menepi sebelum mogok.

2. Boros bahan bakar
Akibar dari telat ganti oli mesin adalah boros bahan bakar. Dalam keadaan normal, gesekan antar komponen mesin berkurang sebab dibantu oleh oli sebagai pelumas. Oli yang tidak diganti membuat tarikan terasa semakin berat. Hasilnya, mesin memerlukan sumber tenaga tambahan sehingga pijakan pedal gas lebih dalam, pembakaran mesin pun menjadi lebih boros.

 

Baca : Kiat Agar Mobil Manual Tetap Irit Bahan Bakar

3. Kualitas mesin turun
Pelumas yang tidak diganti tepat waktu berisiko memberi efek pada kinerja mesin. Oli berfungsi untuk membantu memuluskan kinerja mesin. Oli yang tidak diganti, warnanya akan semakin hitam dan kental. Sehingga fungsi pelumas mesin pasti menurun. Efeknya bisa membuat tarikan lambat, suara mesin semakin kasar, dan bahkan membuat mesin mobil sulit dinyalakan.

4. Rusaknya komponen mesin
Bagian yang acap kali bermasalah berupa piston, silinder, dan oil feed tersumbat. Ini disebabkan karena oli yang lama digunakan, mengandung kerak dan karbon sisa pembakaran mesin. Oli yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil dapat menyebabkan engine bekerja secara berlebihan. Menimbulkan goresan dan terbakar.*

 

Baca pula : Alasan Tidak Boleh Memasukan Oli Terlalu Banyak