Motor Listrik Hybrid, Pengisian baterai 80 Persen Lebih Cepat

Motor Listrik Hybrid, Pengisian baterai 80 Persen Lebih Cepat

Sabtu, 21 Desember 2019 09:46 Motor Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Berbicara mengenai sepeda motor listrik, kendaraan roda dua tersebut benar-benar tengah menjadi perbincangan banyak orang. Bahkan kendaraan jenis ini juga berhasil mencuri perhatian banyak orang dikarenakan memiliki berbagai desain yang ciamik.

Salah satu motor listrik yang menarik perhatian adalah NAWA Racer. Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Jumat (20/12/2019) NAWA Technologies menggunakan baterai hibrida yang mencampurkan sel ion lithium konvensional dengan ultracapasitors pada sepeda motor ini. Bahkan perangkat yang terakhir ini disebutkan memiliki basis karbon, sehingga memungkinkan pengisian baterai yang lebih cepat.

Regenerasi baterai yang terdapat pada sepeda motor listrik ini mampu mencapai 80 persen lebih cepat dibandingkan dengan sepeda motor listrik pada umumnya. Dengan kelebihan tersebut, tentunya akan membuat daya jelajah kendaraan ini menjadi lebih jauh dari kompetitor.

"Peningkatan efisiensi yang dilakukan oleh sistem baterai ultracapacitor hybrid ini dapat mengurangi ukuran baterai lithium-ion hingga setengah atau dapat juga memperpanjang kisarannya hingga dua kali lipat,” kata pihak NAWA Technologies.

 

Koropak.co.id - Motor Listrik Hybrid, Pengisian baterai 80 Persen Lebih Cepat (2)

 

Baca : Motor Listrik Karya Anak Bangsa Resmi Dipasarkan

Sementara itu, untuk tanki bahan bakar pada motor konvensional yang berisi bensin, kini ditempatkan baterai ultracapasitors NAWACap. Sementara untuk baterai lithium-ion 9 kWh ditempatkan pada posisi mesin di motor konvensional.

Dikabarkan pula, bobot dari kendaraan ini secara keseluruhan mencapai 150 kilogram saja. Sehingga membuat bobotnya lebih 100 kilogram dibandingkan dengan Harley-Davidson Livewire. Dengan demikian pula membuat NAWA Racer merupakan motor konsep yang berat.

Diketahui, NAWA yang berdiri pada April 2013 merupakan perusahaan yang fokus dalam mengembangkan penyimpanan energi. Berbasis di Aix, Prancis, R&D NAWA juga memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam mengembangkan non-materials.*

 

Baca pula : Kymco Panaskan Persaingan Skuter Listrik Dunia