Ini Lima Komponen yang Mudah Rusak Akibat Malas Cuci Motor

Ini Lima Komponen yang Mudah Rusak Akibat Malas Cuci Motor

Minggu, 15 Maret 2020 12:32 Trik Dede Hadiyana

 

Koropak.co.id - Berkendara menggunakan sepeda motor sekarang ini sudah menjadi gaya hidup setiap orang, baik dalam aktivitas sehari-hari, riding santai bersama teman, bahkan touring ke luar daerah. Guna menjaga performa kendaraan, selain servis berkala, ganti pelumas, serta mengganti spare part, ada hal yang sering terlewatkan dalam perawatan, yakni mencuci motor usai digunakan.

Alhasil, akibat malas mencuci motor, ada beberapa komponen yang sangat cepat rusak. Berikut, Koropak telah menyiapkan ulasannya.

1. Mesin
Mesin merupakan jantung dari sepeda motor yang bisa terkena dampak negatif jika motor jarang dicuci. Pada kondisi ini, kotoran yang menempel pada sisi mesin akan menyumbat rongga-rongga yang menghambat pembuangan panas energi yang dihasilkan mesin, hasilnya kinerjanya akan melambat. Begitupun sebaliknya, jika kondisi pada mesin bersih, maka pembuangan panas energi akan lebih mudah dan meringankan kinerja mesin.

 

2. Gear set
Rantai dan gear sepeda motor merupakan komponen vital sebagai penggerak roda motor dari mesin, khususnya motor bebek atau sport. Apabila kebersihannya tidak terjaga, maka jangan harap umur komponen ini akan panjang, terlebih jika sering digunakan pada saat musim hujan atau sering melewati genangan air tanpa dibilas kembali dengan air bersih, alhasil, gear set ini mudah korosi dan rapuh.

 

Baca : Cara Sederhana Merawat Motor Klasik

 

3. Shock breaker
Alat yang fleksibel atau peredam kejut yang biasa dikenal shock breaker pada kendaraan bermotor yang jarang diperhatikan. Akibatnya, komponen ini akan mengalami penurunan kualitas pegasnya karena kotoran ynag menempel baik pada as maupun uliran pernya. Banyaknya kotoran yang menempel dapat menyebabkan goresan pada as dan membuat peredam kejut ini bekerja tidak maksimal.

 

4. Bearing atau laher
Pada bagian kaki-kaki sepeda motor baik depan maupun belakang, pastinya dilengkapi dengan bearing atau laher yang berfungsi menjaga poros ban tidak langsung bergesekan dengan rumahan roda putaran tetap stabil. Jika komponen ini kotor, maka akan menyumbat sela-selanya sehingga tidak bekerja dengan maksimal dan bisa membahayakan saat berkendara.

 

5. Body kusam dan berjamur
Bagian lain yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan yakni body motor. Jika tunggangan kalian jarang dicuci, maka bisa dipastikan body motor mudah kusam dan berjamur, apalagi jika didiamkan terlalu lama yang bisa merusak lapisan cat pada body motor.*

 

Baca pula : Inilah Kiat Mudah Merawat Skuter Piaggio