Lamborghini Rilis Sian Roadster, Mobil Sport Roadster Paling Buas

Lamborghini Rilis Sian Roadster, Mobil Sport Roadster Paling Buas

Kamis, 09 Juli 2020 18:27 Mobil Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu, produsen mobil sport asal Italia, Lamborghini kembali menambah varian terbarunya untuk jajaran elektrifikasi. Diketahui, mobil sport varian terbarunya tersebut adalah Lamborghini Sian Roadster dengan atap terbuka yang secara resmi diperkenalkan pada Kamis (9/7/2020) lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, sebelumnya, Lamborghini Sian sendiri sudah diperkenalkan dalam ajang Frankfurt Motor Show 2019 yang hanya diproduksi sebanyak 63 unit di dunia. Namun, kini Lamborghini Sian sudah tersedia dalam pilihan roadster atau atap terbuka, dan sayangnya hanya diproduksi sebanyak 19 unit saja.

Dengan mengusung sistem hybrid, diketahui Lamborghini Sian Roadster mencangkok mesin V12 dan juga motor listrik 48 Volt, sehingga membuat tenaga dari mobil sport tersebut semakin buas. Hal itu dikarenakan mesin V12 hasil pengembangan Lamborghini pada Sián ini ternyata mampu menghasilkan tenaga setara 785 daya kuda yang sekaligus menjadi paling terbesar sepanjang sejarah banteng Italia.

Bahkan, Sián Roadster juga turut mendapatkan tambahan tenaga 34 daya kuda dari sistem hybridnya, dengan demikian tenaga total yang Sian miliki setara 819 daya kuda. Selain itu, tenaganya tersebut dapat disalurkan melalui transmisi Independent Shifting Roads (ISR) 7 percepatan ke penggerak 4 roda. Lamborghini Sián Roadster juga bisa berlari hingga 100 km/jam dalam kurun waktu kurang dari 2,8 detik dengan mencapai kecepatan maksimalnya lebih dari 350 km/jam.

 

Koropak.co.id - Lamborghini Rilis Sian Roadster, Mobil Sport Roadster Paling Buas

 

Baca : BMW Rilis Mobil Tolak Bala Mutakhir Tahan Bom dan Tembakan

 

Berbeda dengan mobil hybrid lainnya, Sian tidak menggunakan baterai karena digantikan dengan sistem listrik Lamborghini yang menggunakan supercapacitor dan diklaim bisa memiliki energi lebih besar dari baterai biasa. Diketahui, supercapacitor ini tidak seperti baterai yang bisa langsung dicas dalam waktu yang lebih cepat dan bisa menarik energi seperti pada proses pengereman. Supercapacitor juga tidak gampang menghabiskan kapasitasnya seperti baterai pada umumnya, sehingga membuatnya bisa digunakan dalam jutaan kali pengisian energi.

Lamborghini Sian Roadster ini menggunakan platform Aventador SVJ yang bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan para pemiliknya di Lamborghini Centro Stile. Sebagai debut perdananya, warna Blu Uranus menampilkan perpaduan warna biru langit dan hijau lapangan. Sedangkan untuk peleknya, dipilih warna kelir yang disebut juga Oro Electrum, sebagai warna yang dipilih Lamborghini untuk elektrifikasi.

Tampak secara dimensi, Lamborghini versi terbaru ini tidak banyak berbeda dengan Lamborghini Sian versi sebelumnya. Tercatat, untuk Lamborghini Sian ini memiliki panjang 4.980 mm, lebar 2.265 mm, dan tinggi 1.133 mm yang didukung dengan menggunakan sasis monokok karbon fiber. Sehingga membuat mobil ini memiliki bobot yang cukup ringan.

Akan tetapi hingga saat ini, Lamborghini tidak mengungkapkan berapa harga dari Sian Roadster tersebut. Dengan segala spesifikasi dan teknologinya yang mumpuni, diperkirakan mobil ini akan tembus di angka 3,7 juta US Dollar atau sekitar Rp 53 Milyar. Bagi yang ingin memiliki roadster paling buas tersebut disayangkan sekali sudah telat, karena mobil tersebut sudah sold out.*

 

Baca : Smart Car Jadi Solusi Atasi Berkendara di Kemacetan