One Pedal Operation, Cara Nissan Kenalkan Elektrifikasi pada Mobilnya

One Pedal Operation, Cara Nissan Kenalkan Elektrifikasi pada Mobilnya

Selasa, 01 September 2020 17:16 Mobil Eri S Wardhana

 

Koropak.co.id - Berbicara soal teknologi, dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan. Termasuk dalam bidang otomotif. Para produsen kendaraan baik roda dua maupun roda empat selalu berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi buatanya sehingga dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, serta keamanan lebih dalam berkendara.

Berbagai fitur-fitur barupun mulai banyak bermunculan. Fitur yang tadinya dirasa tak mungkin, kini berhasil diciptakan. Sebut saja Nissan, salah satu produsen mobil asal Jepang yang kini namanya sudah melanglang buana ke berbagai penjuru dunia. Dikabarkan, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1933 ini kini punya teknologi baru bernama One Pedal Operation yang memungkinkan pengemudi mengoperasikan mobilnya dengan satu pedal saja.

"Hanya dengan satu pedal saja, pengemudi sudah bisa mengontrol beberapa hal seperti menjaga jarak dari mobil yang ada di depanya, berhenti di lampu merah, melakukan akselerasi kecepatan dan memperlambat kecepatan mobil," kata Chief Marketing Manager NMI, Hiroko Wakita di ajang Indonesia Online Otomotif Festival 2020 (IOOF 2020), Rabu (26/8/2020).

 

Baca : Nissan Resmi Luncurkan X-Trail Generasi Terbarunya, Nissan Rogue

 

Ia menyebutkan, teknologi One Pedal Operation ini akan sangat bermanfaat bagi para pengendara karena dapat meminimalisir perpindahan pedal, terutama di kawasan perkotaan. Dampaknya, pengemudi tidak akan mudah lelah saat mengemudikan mobil di kawasan padat.

Untuk cara kerjanya, lanjut Hiroko, teknologi One Pedal Operation ini akan menyesuaikan dengan kedalaman pijakan kaki pengemudi terhadap pedal. Bila menginjak pedal dalam-dalam, maka mobil akan langsung berpacu secara instan. Sebaliknya, bila pijakan kaki di pedal melemah, maka akselerasi mobil akan berkurang, sama persis seperti pada saat melakukan pengereman.

"Hal ini terjadi karena pada saat kita mengangkat pedal gas, motor listrik didalamnya akan memulai proses deselerasi. Pada saat mobil berhenti total, maka rem akan berfungsi secara otomatis," Tambahnya.

Hiroko juga menegaskan, apabila pengemudi masih belum percaya diri untuk menggunakan satu pedal, Nissan masih menambahkan pedal rem. Dengan demikian, mobil berteknologi One Pedal Operation ini masih bisa digunakan seperti mobil pada umumnya.

Sebagai tambahan, Fitur One Pedal Operation ini hanya tersedia pada mobil-mobil Nissan yang sudah dibekali teknologi e-POWER saja.*

 

Baca : Porsche Unjuk Gigi Kembali Dengan Luncurkan Taycan, Mobil Listrik Terbaru