Bengkel Dinamo di Tasikmalaya, Layanan Perbaikan Mobil Bermasalah

Bengkel Dinamo di Tasikmalaya, Layanan Perbaikan Mobil Bermasalah

Rabu, 23 September 2020 11:41 Trik Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Siapa yang tidak mengenal bengkel Dinamo yang berada di Jalan Sewaka Kampung Cibeber Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Bengkel Alternator ini, dirintis sang pemilik sejak 28 April 2016 di atas luas tanah sekitar 20 Meter persegi.

Berbincang bersama Koropak, Selasa (22/9/2020) sang pemilik bengkel, Rusmianto mengatakan, dengan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai serta didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman, selama ini bengkelnya bergerak di bidang jasa servis dinamo, tukar tambah ampere, starter, kabel body, pompa air, mesin juki, mesin cuci dan lainnya.

"Para pekerja disini sudah berpengalaman dan sudah berprofesi dibidang bengkel dinamo sejak lama. Saya memutuskan untuk membuka bengkel dinamo ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya bagi pengguna roda empat di wilayah Kota Tasikmalaya," tutur Rusmianto.

 

Baca : Trik Memeriksa Kondisi Kendaraan Pasca Terendam Banjir


Rusmianto menyebutkan, bengkel dinamo miliknya itu juga, diklaim sebagai salah satu pusat layanan perawatan dan perbaikan mobil terpadu yang memberikan kualitas maksimal.

Lebih jauh dia memaparkan, untuk jenis kerusakan yang sering dialami para pelanggan, adalah terletak pada kumparan atau gulungan. Kerusakan itu biasanya akibat faktor terlalu lama dipakai dan jarang dilakukan pengecekan," katanya.

 

Baca : Ingat Segera Ganti Oli Sebelum Mesin Mobil Jebol

 

Menurutnya, ada beberapa tanda yang menunjukan alternator mengalami kerusakan. Antara lain mengeluarkan bunyi keras yang disebabkan order rectifier alternator yang sudah putus atau rusak. Kemudian lampu indikator aki yang menyala saat mobil dinyalakan.

"Lampu indikator yang nyala, menandakan alternator sudah tidak bisa mengalirkan arus listrik dengan baik atau maksimal. Sehingga, jika aki yang baru kita beli masih tidak kuat menyalakan mobil, maka hal itu pertanda tegangan output pada bagian alternatornya sudah berkurang," katanya.

Terakhir akibat overcharge, atau kelebihan pasokan listrik di atas 15 volt yang membuat alternator cepat rusak.* (Resna)

 

Baca : Sayangi Rem Tromolmu Seperti Menyayangi Kekasihmu