Diluncurkan Tahun 2022, Produksi Suzuki Jimny Lima Pintu

Diluncurkan Tahun 2022, Produksi Suzuki Jimny Lima Pintu

Senin, 12 Oktober 2020 12:41 OtoKilas Adin Wardini

 

Koropak.co.id - Suzuki Jimny merupakan satu dari sedikit model mobil yang mempunyai cerita panjang dengan para konsumen di Indonesia maupun di negara lainnya. Bahkan, tercatat mobil yang satu ini kian melegenda dan banyak meninggalkan kesan memori dari generasi ke generasi.

Dikabarkan, kali ini Suzuki Motor Corporation sedang melakukan uji coba untuk memproduksi model baru Jimny di India yang diketahui di negara tersebut peminatnya terus meningkat. Hal ini dilakukan guna meringankan beban atas pabrik pusat yang berada di jepang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Senin (12/10/2020) tercatat, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini telah dirakit sejak bulan September 2020 di Gurgaon India. Selain itu, pekerjaan itu dilakukan secara Completely Knocked Down (CKD).

Disebutkan pula bahwa pihak Suzuki dan Vendor lokal yang memproduksi komponen Jimny sudah melakukan pembicaraan agar dapat menangani suplaiyer khususnya dari dalam negeri. Meskipun masih belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak Suzuki maupun Maruti Suzuki, akan tetapi salah satu karyawan mengatakan bahwa India berencana akan menjadi basis produksi Jimny ditahun 2023 mendatang.

 

Baca : Penampilan Suzuki Future-S Concept

 

Sebagai tahapan awalnya, Jimny produksi India tersebut akan diluncurkan tahun 2022 mendatang dengan menyandang status sebagai CKD. Kemudian satu tahun setelahnya, Maruti Suzuki mulai menggunakan komponen lokal dalam produksi Jimny tersebut. Dikatakan juga bahwa Maruti Suzuki Jimny akan mengembangkan Jimny dengan versi 5 pintu yang akan dipasarkan di India.

Sementara itu, dari spesifikasi mesin yang dimiliki Jimny India ini, nantinya akan dibekali mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 105 ps dan toris puncak 138 Nm. Suzuki Jimny tersebut akan didukung oleh transmisi manual 5 percepatan serta otomatik 4 percepatan.

Selain negara India, tercatat ternyata Indonesia juga pernah disebut-sebut akan memproduksi Jimny dengan mengingat pengalamannya bersama Katana dan mesin bensin 1.5 liter K15B yang sudah dipakai pada Ertiga telah diproduksi lokal.*

 

Baca : Bule Tajir Tergila-Gila Suzuki New Jimny




Berita Terkait