Trik Persiapan Kendaraan Motor, Supaya Aman Saat Liburan Jarak Jauh

Trik Persiapan Kendaraan Motor, Supaya Aman Saat Liburan Jarak Jauh

Sabtu, 31 Oktober 2020 17:37 Trik Adin Wardini

 


Koropak.co.id - Sebelum kalian melakukan perjalanan untuk menikmati libur panjang bersama kerabat, teman dekat, maupun keluarga menggunakan sepeda motor pribadi, alangkah baiknya, kendaraan dipersiapkan sebaik mungkin, sebelum berangkat dan setelah pulang liburan.

Salah seorang mekanik sepeda motor, Adin Wardini mengatakan, bagi para pemilik kendaraan bermotor yang merencanakan atau sudah berlibur dengan menggunakan motornya, ada beberapa hal yang wajib dicek atau dikontrol dan harus dilakukan demi menjaga performa motor tersebut.

Menurutnya, perjalanan yang menempuh jarak jauh, tentunya membuat kerja mesin bisa menjadi lebih berat. Oleh karena itu, setiap pemilik kendaraan motor wajib mengontrol kondisi kendaraannya.

Banyaknya debu di jalanan yang menempel pada sepeda motor juga bisa menyebabkan sebagian komponen perlu dicek dan dibersihkan secara cermat. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kemacetan pada sistem kerja motor, terutama pada bagian saringan udara, kondisi oli mesin, busi, dan sistem lainnya.

 

Baca :  Inilah Kiat Mudah Merawat Skuter Piaggio

 

"Kalian harus mengecek kopling bagi yang menggunakan motor 4 Tax atau 2 Tax termasuk memastikan rem motor dalam keadaan baik dan bekerja secara sempurna. Karena ini sangat penting demi kenyamanan di perjalanan dan juga keselamatan bagi semua pengguna motor," kata Adin, yang juga menerima jasa servis panggilan.

Terakhir yang harus dilakukan oleh pengguna motor adalah, mengecek terlebih dahulu kondisi ban motor sebelum melakukan pemakaian jarak jauh. Sebab, ban motor yang baik digunakan, harus masih terlihat pola ukiran ban dan tidak dianjurkan dipakai apabila bagian dari tengah ban motor sudah tidak terlihat ukiran, dengan kata lain, gundul.*

 

Baca : Ini Lima Komponen yang Mudah Rusak Akibat Malas Cuci Motor