Yamaha Riding Academy Berbagi Tips Berkendara Dalam Kondisi Hujan

Yamaha Riding Academy Berbagi Tips Berkendara Dalam Kondisi Hujan

Jum'at, 08 Januari 2021 14:33 Trik Dede Hadiyana

 

Koropak.co.id - Awal tahun 2021 ini masih masuk dalam musim penghujan. Untuk itu, para pengguna sepeda motor pun wajib untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan. Pengendara motor bisa menjalankan teknik keselamatan berkendara atau Safety Riding yang tepat, termasuk mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Kamis (7/1/2021) Manager Public Relations, Yamaha Riding Academy (YRA) & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro pun berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan mulai dari yang menyangkut pengendara, kendaraan, serta lingkungan dan cuaca.

"Yamaha Riding Academy (YRA) mempunyai beberapa tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan. Karena, dalam keadaan seperti itu, maka safety riding pun sangat penting untuk dijalankan," kata Antonius.

Sebelum berkendara, kata Antonius, persiapkanlah jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan. Contohnya seperti model setelan karena tidak ada bagian yang berkibar. Kemudian menggunakan helm dengan visor bening agar lebih mudah saat visor berkabut, dan menggunakan sepatu anti air atau berbahan karet guna perlindungan maksimal.

 

Baca : Trik Persiapan Kendaraan Motor Supaya Aman Saat Liburan Jarak Jauh

 

"Saat berkendara, hindari pengereman secara mendadak dan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Karena cengkraman ban pada aspal akan berkurang serta membutuhkan jarak pengereman lebih panjang pada saat kondisi sedang hujan. Kami menyarankan untuk menggunakan perlengkapan kendaraan yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain," ucapnya.

Dikatakan Antonius, selain itu, kondisi kendaraan pun harus diperhatikan, seperti ban harus dalam kondisi baik atau tidak gundul dengan tekanan angin standar agar tidak mudah slip, kondisi rem harus pakem, dan lampu-lampu dalam kondisi baik.

"Semua lampu, baik itu lampu depan, sein, rem, dan senja harus dalam keaadan baik, agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Namun, ada hal yang lebih penting lagi yakni area-area sensitif dipastikan tidak terbuka saat berkendara. Seperti saringan udara atau CVT Area agar motor tidak mudah mogok atau rusak karena air yang masuk," ujarnya.

Menurutnya, disamping pengendara dan kendaraan, Safety Riding dari faktor lingkungan atau cuaca pun patut diperhatikan oleh pengendara seperti dengan mengenali kondisi jalan. Akan tetapi, mematuhi rambu-rambu yang ada di jalan juga wajib dilakukan semua pengendara dalam kondisi apapun, terlebih dalam kondisi hujan.

"Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang, maka sebaiknya untuk menepi dijalur yang aman, tidak menepi secara mendadak, serta hindari genangan air yang cukup tinggi. Dengan selalu menjalankan safety riding saat berkendara, maka selain tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri, tapi kalian juga bisa menjaga keselamatan pengendara lainnya," ujarnya.*

 

Baca pula : Trik Memeriksa Kondisi Kendaraan Pasca Terendam Banjir