Honda PCX 160 Indonesia Miliki Harga Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Honda PCX 160 Indonesia Miliki Harga Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Minggu, 07 Februari 2021 09:19 Motor Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan Honda PCX 160 di Tanah Air. Akan tetapi, jika melirik dari negara lain yang sudah terlebih dahulu meluncur, ternyata harga PCX 160 di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan di negara Thailand, Jepang dan Amerika Serikat.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, untuk desain, fitur, dan mesin dari Honda PCX 160 tersebut sama halnya dengan produk yang diluncurkan di pasar global, meskipun Honda PCX 160 yang diluncurkan di Indonesia ini sudah dirakit secara lokal di Sunter, Jakarta Utara.

"Pada intinya, Honda PCX ini sama dengan yang diluncurkan di negara lain. Bahkan kemasannya juga sama dengan yang di global. Jadi ibaratnya itu tidak ada perubahan sama sekali," kata Thomas sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (6/2/2021).

Diketahui, bahkan di Indonesia sendiri, All New PCX varian hybrid ini banderolannya mirip dengan tipe tertinggi dari PCX 160 yang dijual di Thailand. Sedangkan di Jepang, skutik Honda ini dibanderol dengan harga 407.000 yen atau setara dengan Rp 55,1 juta.

 

Baca : Honda Monkey Tampil Dalam Bermacam Warna

 

Sementara itu, Honda PCX 160 di Indonesia dijual dalam tiga varian yakni CBS, ABS, dan e:HEV. All New Honda PCX 160 dengan harga Rp 30,3 juta untuk CBS. Kemudian untuk ABS, dibanderol dengan harga Rp 33,9 juta dan untuk e:HEV dibanderol dengan harga Rp 43,5 juta.

Untuk di pasar Amerika Serikat, Honda PCX 160 hanya tersedia satu warna saja yakni Pearl White. Honda PCX 160 itu pun dijual dengan harga 3.799 US Dollar atau setara dengan Rp 53,1 juta untuk versi standar. Sedangkan untuk tipe ABS dijual dengan harga 3.999 US Dollar atau sekitar Rp 56,1 juta.

Menurutnya, setiap negara itu mempunyai strategi masing-masing dalam penetapan harga, utamanya mereka juga melihat pasar dan daya beli masyarakat di setiap wilayahnya,"Untuk masalah harga, masing-masing area itu punya strategi yang berbeda. Disini, kita fokus bagaimana caranya untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Tentunya juga pasar skutik premium dengan cc 150 itu penerimaannya di range berapa dari masyarakat dan konsumen Indonesia," ucapnya.

Oleh karena itu, kata Thomas, pihaknya pun mengeset harganya di sekitaran Rp 30 juta. Kemudian di ABS Rp 33 juta dan tipe hybrid Rp 43 juta. Jika di negara lain tentunya mereka mempunyai strategi yang berbeda dan terdapat beberapa perbedaan salah satunya mungkin di masalah kurs.*

 

Baca pula : Fantastis, Ini Deretan Sepeda Motor Termahal di Dunia