Hyundai Kona Elektric, Jadi Mobil Polisi bertenaga Listrik

Hyundai Kona Elektric, Jadi Mobil Polisi bertenaga Listrik

Selasa, 09 Februari 2021 18:22 Mobil Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Kang Emil, baru-baru ini memamerkan kendaraan polisi yang menggunakan mobil listrik. Pihaknya pun mengklaim bahwa mobil yang dipamerkan itu pun menjadi mobil polisi pertama yang menggunakan mobil listrik.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya, sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (8/2/2021).

Diketahui, mobil polisi bertenaga listrik pertama di Indonesia ini adalah Hyundai Kona Electric. Tercatat, mobil listrik itu sendiri telah diluncurkan Hyundai di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Sementara itu, Kang Emil mengatakan bahwa banyak sekali keuntungan dari penggunaan mobil listrik tersebut, salah satunya adalah bisa menghemat anggaran bulanan.

"Selain tidak merusak polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya, menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen jika dibandingkan dengan anggaran rutin kendaraan bensin," ucapnya.

 

Baca : Hari Ini, Hyundai Resmi Perkenalkan SUV Mewah Andalannya

Jika dilihat secara spesifikasi, Hyundai Kona Electric yang digunakan sebagai mobil patwal polisi ini dibekali dengan baterai Lithium-ion polymer berkapasitas 39,2 kWh. Diketahui, baterai tersebut menyuplai tenaga listrik untuk motor Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang menggerakkan roda depan.

Sementara itu, untuk tenaga maksimal dari mobil listrik ini bisa mencapai 100 kW atau 134 daya kuda dengan torsi maksimalnya yang mencapai 395 Newton meter (Nm). Didukung dengan charger standar (AC), baterai mobil ini bisa diisi sekitar 6 jam 10 menit. Selain itu dengan adanya teknologi fast charging 50 kW (DC), membuat pengecasan mobil sampai 80 persen hanya membutuhkan waktu selama 57 menit.

Namun untuk teknologi fast charging 100 kW, maka hanya membutuhkan waktu selama 54 menit. Jika dilihat secara dimensi, Hyundai Kona Electric ini mempunyai ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Layaknya mobil crossover, Hyundai Kona Electric ini mempunyai ground clearance sebesar 158 mm.

Selain itu, Hyundai Kona Electric ini juga turut dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

Di Indonesia sendiri, Hyundai Kona Electric hanya tersedia dalam satu varian yakni Signature. Tercatat, mobil listrik bergaya crossover dari Hyundai ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 697 juta.*

 

Baca pula : Hyundal Elevate, Mobil Paling Unik di CES 2019