Tips Mudah Bersihkan ECU Motor Injeksi Setelah Terendam Banjir

Tips Mudah Bersihkan ECU Motor Injeksi Setelah Terendam Banjir

Kamis, 25 Februari 2021 06:20 Trik Eris Kuswara


Koropak.co.id - Apabila Electronic Control Unit (ECU) motor injeksi kotor setelah terendam banjir, pastinya ada cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan ECU motor injeksi tersebut. Karena biasanya setelah banjir surut, kotoran pun akan menumpuk pada bagian-bagian motor, termasuk pada area mesin dan sistem kelistrikan seperti ECU.

Diketahui, biasanya area mesin termasuk ECU akan dipenuhi kotoran berupa tanah merah kering yang berasal dari banjir. Sehingga jangan dibiarkan hal itu terjadi dan segeralah untuk membersihkannya apabila ECU tersebut dipenuhi kotoran dan air pasca kebanjiran.

Untuk membersihkannya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas ECU dari soketnya secara perlahan. untuk melepaskan ECU dari soketnya, biasanya terdapat pengait. Sehingga kalian pun harus tekan pengait itu untuk membukanya sampai berbunyi "click".

 

Baca : Yamaha Riding Academy Berbagi Tips Berkendara dalam Kondisi Hujan

Selain itu, meskipun sudah didesain kedap air, namun setelah terendam air selama satu hari biasanya di dalam soket dan pin pada ECU ini akan ada sedikit kotoran berupa tanah dan air. Hal inilah yang membuat pin connector ECU-nya tidak bisa terhubung dengan soket secara sempurna dan membuat ECU tidak bekerja karena tidak terkoneksi.

Jika ECU tidak terkoneksi, maka efeknya motor injeksi pun tidak mau dihidupkan. Setelah ECU terbuka, jangan lupa bersihkan kotoran dan sisa air pada soket dan pin connector ECU. Connector atau soket pada body ECU ini diketahui sudah dilengkapi dengan sil untuk mencegah air banjir masuk.
Untuk membersihkannya, cukup dengan kuas kemudian dikeringkan dengan lap kering.

Akan tetapi, jika kalian ingin lebih bersih dan kedap terhadap air, kalian bisa menggunakan cairan contact cleaner. Jangan khawatir ECU korslet setelah disemprot cairan contact cleaner, karena contact cleaner sudah didesain untuk membersihkan dan membuat komponen kelistrikan motor menjadi lebih kedap. Setelah bersih dan kering, jangan lupa untuk dipasang kembali.

Sementara itu, untuk ciri-ciri ECU tidak korslet setelah dipasang, yaitu motor akan menyala normal tanpa adanya kedipan lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL). Namun, untuk memastikannya kalian bisa lakukan scan injeksi. Saat ini tidak hanya di bengkel resmi, karena di bengkel biasa pada umumnya juga sebagian besar sudah mempunyai alat scan injeksi.*

 

Baca pula : Trik Persiapan Kendaraan Motor Supaya Aman Saat Liburan Jarak Jauh