Korlantas Polri Mulai Gunakan Mobil Listrik Tesla Model 3 Untuk Patroli

Korlantas Polri Mulai Gunakan Mobil Listrik Tesla Model 3 Untuk Patroli

Jum'at, 26 Februari 2021 17:47 Mobil Eris Kuswara

 

 

Koropak.co.id - Korlantas Polri mulai menggunakan mobil listrik Tesla Model 3 untuk kendaraan patrolinya. Selain ramah lingkungan, ternyata mobil listrik ini juga memiliki berbagai fitur yang canggih. Salah satu fitur canggih yang ada pada mobil listrik Tesla Model 3 ini adalah Autopilot Mode yang merupakan sistem yang bisa membuat pengemudi menjadi lebih nyaman dan mobil bisa melaju secara otomatis.

Selain itu, sistem Autopilot itu juga memungkinkan mobil Tesla mampu bermanuver, berakselerasi dan mengerem secara otomatis di jalurnya. Meskipun begitu, fitur Autopilot saat ini tetap memerlukan pengawasan pengemudi yang aktif. Pada sistem Autopilot Tesla sendiri terdapat fitur Smart Summon. Sehingga hanya dengan satu ketukan di ponsel, mobil Tesla pun akan berjalan sendiri dari lokasi parkir menuju tempat kalian berdiri.

Setidaknya, terdapat delapan kamera yang memberikan visibilitas 360 derajat di sekitar mobil pada jarak hingga 250 meter. Tercatat juga setidaknya ada 12 sensor ultrasonik yang diperbarui untuk melengkapi 'penglihatan' canggih ini dam memungkinkan untuk mendeteksi benda keras dan lunak. Radar yang menghadap ke depan juga turut memberikan data tambahan tentang kondisi jalan dan mampu melihat dalam kondisi hujan lebat, kabut, debu bahkan mobil yang berada di depan.

 

Baca : Hyundai Kona Elektric, Jadi Mobil Polisi Bertenaga Listrik

 

Pada beberapa mobil Tesla juga ternyata turut tersedia sistem full self driving yang dirancang untuk dapat melakukan perjalanan jarak pendek dan jauh tanpa perlu adanya tindakan apapun oleh orang yang duduk di kursi pengemudi. Namun hal yang perlu dilakukan pemilik mobil adalah hanya masuk ke dalam mobil dan menginput lokasi kemana dia harus pergi.

Canggihnya lagi, jika pengendara tidak menginput lokasi tujuan, maka mobil pun akan melihat kalender pemilik kendaraan dan membawanya ke tempat tujuan sesuai lokasi di kalender atau menuju rumah jika tidak ada agenda di kalender.

Sistem pada mobil Tesla ini juga akan menemukan rute yang optimal, menavigasi jalan-jalan perkotaan atau bahkan tanpa marka jalur, mengelola persimpangan kompleks dengan lampu lalu lintas, rambu berhenti dan bundaran serta menangani jalan raya yang padat. Sementara itu, saat kamu tiba di tempat tujuan pun, kamu hanya cukup melangkah keluar dan mobil akan memasuki mode pencarian parkir. Maka secara otomatis mobil akan mencari tempat dan parkir sendiri.*

 

Baca pula : Hari Ini, Hyundai Resmi Perkenalkan SUV Mewah Andalannya