Dibuat Tahun 1896, Ini Wujud Truk Pertama di Dunia

Dibuat Tahun 1896, Ini Wujud Truk Pertama di Dunia

Rabu, 02 Juni 2021 15:33 Mobil Rizky


Koropak.co.id - Diketahui bahwa truk pertama di dunia dibuat oleh seorang penemu asal Jerman bernama Gottlieb Daimler pada tahun 1896. Sebelumnya, Daimler sendiri dikenal sebagai pembuat sepeda motor dan mobil pertama di dunia. Sementera itu, truk pertama di dunia tersebut menggunakan mesin 'Phoenix' 1.006cc dan berkonfigurasi dua silinder, sehingga mampu menghasilkan tenaga puncak 4 dk.

Dengan konfigurasi itu juga, truk itu pun mengonsumsi bahan bakar 6 liter per 100 kilometer. Selain itu, mesin pada truk tersebut ternyata diletakkan di belakang. Namun untuk posisi pengemudi tetap di depan dengan tempat duduk seperti kereta kuda. Seiring berjalannya waktu, Daimler pun melakukan sedikit perombakan pada mesin truk buatannya.

 

Baca : Mitsubishi Fuso E-Canter Mengaspal di Indonesia?

Tercatat, pada tahun 1898, dia bersama Wilhelm Maybach menggeser mesin Phoenix yang tadinya di belakang menjadi di depan atau tepatnya di bawah jok pengemudi. Meksipun sudaj ditemukan sejak tahun 1896, ternyata masih memerlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa memasarkan truk pertama buatan Daimler itu.

Akhirnya, pada tahun 1901, truk Daimler mulai diterima oleh sebuah industri di Inggris. Bahkan kendaraan niaga itu juga berhasil membuktikan keunggulannya dari kereta api bertenaga uap. Selain itu, truk Daimler juga turut diterima dengan sangat baik di Prancis.

Untuk Generasi kedua truk Daimler yang diproduksi mulai dari tahun 1899 hingga 1903 terdiri dari tipe dasar dengan kapasitas muatan antara 1,25 dan 5,0 ton. Dimana mesin dua silinder dan empat silinder yang didukung dengan output tenaga 4 dk hingga 12 dk tersebut sudah sangat cukup pada masa itu.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini