Ketahui Empat Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Servis

Ketahui Empat Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Servis

Sabtu, 21 Agustus 2021 07:04 Trik Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa bagi pemilik motor yang hendak melakukan servis berkala kendaraannya, alangkah baiknya untuk bisa melakukan pengecekan pada empat bagian motor sebelum membawanya ke bengkel resmi. Tujuan dari pemeriksaan ini sendiri adalah untuk membantu teknisi dalam penyelesaian problem agar lebih cepat, tepat, dan akurat.

Oleh karena itu, berikut beberapa pemeriksaan sederhana yang dapat dilakukan sebelum menghubungi dealer atau bengkel resmi, sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (19/8/2021).

1.Mengecek fungsi main switch atau kunci kontak
Periksalah kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Mengecek fungsi starter
Setelah itu, cobalah untuk memeriksa fungsi starter dengan menekan tombol starting. Apabila motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali, berarti ada masalah. Diketahui penyebab sepeda motor sulit hidup itu yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar, dan kompresi.

 

Baca : Tips Mudah Bersihkan ECU Motor Injeksi Setelah Terendam Banjir

3. Mengecek kondisi putaran mesin sepeda motor
Jika mesin sepeda motor bisa hidup, cobalah untuk panaskan sepeda motor selama 5 menit. Kemudian setelah itu, cek juga kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak. Jika putaran mesin dirasakan tinggi, rendah, atau tersendat-sendat, berarti ada masalah pada sistem injeksinya. Biasanya kerusakannya sendiri dapat terlihat pada indikator kerusakan atau indikator warna orange pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala.

4. Mengecek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraan
Perhatikan juga kondisi lampu penerangan dengan cek fungsi lampu dari dekat dan jauh. Selain itu, fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan dikarenakan berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik. Jika sudah semuanya diperiksa, sebaiknya dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video lalu kemudian sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas bengkel resmi.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini