Mercedez-Benz Actros 2646 Resmi Mengaspal di Indonesia

Mercedez-Benz Actros 2646 Resmi Mengaspal di Indonesia

Jum'at, 27 Agustus 2021 08:26 Mobil Rizky

 

Koropak.co.id - Mercedes-Benz secara resmi memboyong model truk terbarunya ke Indonesia yang dinamakan Mercedes-Benz Actros 2642. Diketahui, truk berbodi besar ini dilengkapi sejumlah perangkat canggih dan salah satunya adalah mirror cam yang menggantikan fungsi kaca spion fungsional dengan kamera Closed-Circuit Television (CCTV).

Head of Product and Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Faustina Tjandra mengatakan, teknologi mirror cam sebenarnya sudah ada pada truk-truk Mercedes-Benz sejak tahun 2018. Namun memang baru kali ini bisa masuk Indonesia. "Dengan adanya mirror cam, maka bisa membuat blind spot atau titik buta diperkecil. Kemudian secara aerodinamika juga tentunya membantu sekali sehingga tada efisiensi yang bisa dicapai," kata Faustin sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (27/8/2021).

Sementara itu, jika dilihat dari sisi luarnya, adanya mirror cam ini membuat tampilan truk menjadi terlihat lebih bersih tanpa adanya kaca spion konvensional. Selain itu, meskipun tidak disematkan spion konvensional, namun pengemudi tidak perlu khawatir dikarenakan mirror cam ini bisa menampilkan area yang lebih luas, bahkan bisa memperlihatkan ujung trailer truk secara jelas dengan gambar yang dihasilkan oleh kedua kamera itu beresolusi 720 x 1920 pixel.

 

Baca : Hyundai Resmi Luncurkan MPV Premium STARIA di Indonesia

Mirror cam-nya sendiri terletak di bagian depan atas truk yang terintegrasi dengan kaca spion cembung. Tangkapan gambar dari mirror cam ini pun kemudian ditransmisikan ke dua monitor berukuran 15,2 inci yang dipasang di kedua pilar A kabin pengemudi. Selain itu juga, gambar monitor tersebut dibagi menjadi area tampilan utama dan area tampilan lebar atau wide.

Sales and Product Training Off-Road Truks PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Bimo Nuswantoro menuturkan, mirror cam yang terletak di luar truk juga sudah dilengkapi dengan fitur heater. "Fitur ini nantinya akan bisa membuat kedua kamera yang berada di luar selalu bebas embun, sehingga aman sekali digunakan pada segala kondisi," tutur Bimo.

Berbicara mengenai harga, diketahui DCVI membanderol truk berteknologi canggih tersebut dengan harga off the road di atas Rp 2 miliar. Truk ini sendiri diimpor langsung secara utuh (CBU) dari Jerman, sehingga konsumen yang ingin memesannya pun harus menunggu terlebih dahulu atau inden sekitar 5 bulan lamanya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini