Cerdas Memilih Shock Breaker

Cerdas Memilih Shock Breaker

Rabu, 01 Februari 2017 18:33 Trik Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Mobil memerlukan suspensi agar berjalan stabil dan nyaman dikendarai. Di antara komponen suspensi tersebut, terdapat shock breaker yang berfungsi untuk meredam kejut dikarenakan permukaan jalan yang tidak rata. Jika kendaraan melalui jalan yang tak rata, shock breaker berguna untuk memberikan kenyamanan pada penumpang. Karena terus bekerja pada saat mobil digunakan, cepat atau lambat shock breaker akan mengalami kerusakan dan perlu ganti baru. Berikut ini kiat cerdas memilih shock breaker.

1. Periksa Bodi
Sebelum dibeli, shock breaker bisa diperiksa secara seksama untuk memastikan tak ada yang cacat atau rusak.

2. Perhatikan Kondisi Batang
Semakin lama usia shock breaker semakin banyak pula bekas goresan pada as-nya. Maka pilih lah as yang masih mulus tanpa goresan.

3. Perhatikan Penyangga
Pastikan anting shock breaker tersebut masih dalam keadaan bagus dan tak ada bekas tumbukan.

4. Perhatikan Kode
Biasanya shock breaker memiliki kode yang disematkan dengan cara diukir yang mengindikasikan shock breaker tersebut asli pabrik.

5. Pengetesan Kerja
Langkah terakhir adalah dengan mengetes kerja shock breaker itu sendiri. Untuk jenis gas, pengetesannya dengan menekan shock breaker ke bawah sepenuhnya dan shock breaker harus kembali ke posisi semula. Sedangkan untuk jenis oli, caranya dengan menekan shock breaker ke bawah kemudian tarik kembali ke atas. Luncuran shock breaker ke atas dan ke bawah harus lancar tanpa jeda karena hambatan seperti angin palsu.*