Sering Disepelekan, Ini Cara Menyalip Kendaraan yang Benar

Sering Disepelekan, Ini Cara Menyalip Kendaraan yang Benar

Kamis, 02 September 2021 06:43 Trik Aisya Kartika

 

Koropak.co.id - Sebagai pengemudi yang baik, penting untuk mengetahui teknik menyalip kendaraan dengan benar. Acapkali terjadi kecelakaan dalam kondisi salip menyalip di jalanan umum lantaran mengabaikan teknik menyalip kendaraan. Karena jika pengemudi tidak memperhatikan teknik yang benar tentu dapat mencelakai atau membahayakan dirinya, penumpang, juga pengendara lain.

Seringkali karena merasa sudah pandai dalam menyetir kendaraan, Kita lupa bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan dan diutamakan dalam hal non-teknis, diantaranya unsur penting, dibenarkan dan aman. Masih banyak pengemudi yang mengabaikan hal hal non-teknis ini, sehingga di seluruh dunia juga termasuk Indonesia, sebesar 70 persen penyebab kecelakaan lalu lintas adalah akibat cara menyalip yang salah. Berikut ini adalah hal yang harus Kamu perhatikan ketika menyalip kendaraan terutama di jalanan yang ramai akan kendaraan.

 

1. Memberi Isyarat atau Lampu Sein 

Kerap kali kita menjumpai pengendara atau pengemudi yang lupa atau mungkin memang malas dalam memberikan isyarat seperti lampu sein atau juluran tangan hingga klakson ketika hendak menyalip kendaraan. Perlu kamu perhatikan, bahwa memastikan kondisi sekitar aman , itu merupakan hal yang penting. Pastikan Kamu melihat melalui spion bahwa posisimu aman untuk menyalip, yakni tidak ada kendaraan lain yang akan menyalipmu dari arah belakang.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga jalur untuk mendahului kosong dan cukup agar tidak terjadi kecelakaan akibat ruang yang terlalu kecil untuk menyalip. Isyarat seperti klakson maupun lampu sein sangat membantu dalam menyalip kendaraan, agar kendaraan didepanmu dapat menyesuaikan kecepatan ketika kamu akan mendahuluinya.

 

Baca : Tips Aman Berkendara Dalam Kondisi Berpuasa

2. Jangan Menyalip di Tikungan

Kebiasaan yang satu ini tidak kalah seringnya dilakukan oleh banyak pengemudi termasuk di negara Kita. Perlu diingat bahwa banyak sekali titik pandang yang bahkan tidak terlihat dalam tikungan. Dengan demikian seharusnya Kamu tahu bahwa menyalip di tikungan bukanlah hal yang tepat. Sesuai dengan acuan Pasal 109 Ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkatan Jalan Nomor 22/2009, kendaraan yang akan melewati kendaraan lain harus memiliki jarak pandang bebas dan tersedia uang yang cukup.

Jadi mulai sekarang Kamu harus menghilangkan kebiasaan burukmu ini apabila sering Kamu lakukan, karena tentuny adapat membahayakan keselmatanmu.

3. Jangan Menyalip dari Kiri

Tentu ini merupakan hal wajib dan memang harus diikuti oleh para pengemudi, yakni menyalip dari arah sebelah Kanan. Kamu tentu pernah menghadapi pengendara yang mendahuluimu dari sebelah kiri bukan? Hal tersebut tntu seringkali membuat pengendari lain terkejut.

Pada aturan Lalu Lintas, memang enar kendaraan boleh menyalip dari sebelah kiri namun dengan kondisi tertentu. Selain itu, tentunya harus memperhatikan keselamatan dan keamaan si pengemudi. Kondisi tertentu yang memperbolehkan menyalip dari sebelah kiri mencangkup kecelakaan lalu lintas, pohon tumbang, jalan berlubang, genangan air, kendaraan mogok, atrian mengubah arah, dan ketika pengemudi akan belok ke kiri. Selain dari pada itu makan pengemudi harus menyalip dari sebelah kanan.

4. Jangan Menyalip Ketika Kendaraan Lain Hendak Berbelok 

Menyalip ketika kendaraan lain hendak berbelok juga mnerupakan salah satu kebiasaan puruk pengemudi yang kerapkali ditemukan di jalanan.

Meskipun kendaraan didepan sudah menyalakan lampu sein, seringkali diabaikan oleh para pengemudi yang tidak bertanggung jawab, dan memaksakan untuk mendahului, sehingga seringkali terjadi kecelakaan atas kasus yang satu ini.

Tentunya perilaku yang berbahaya ini harus dihilangkan, karena sangat berpotenti memicu terjadinya kecelakaan karena bersenggolan bahkan bertabrakan dengan kendaraan yang akan berbelok.

Maka dari itu , ketika melihat lampu sein kendaraan menyala dan akan berbelok, sebaiknya mengalah dan biarkan kendaraan didepanmu belok terlebih dahulu.

Setelah kamu mengetahui hal - hal yang harus kamu ingat dan perhatikan saat akan menyalip atau mendahului kendaraan, tentu sebaiknya kamu aplikasikan dalam keseharianmu , untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 

Lihat Juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini