10 Koleksi Mobil Klasik Bung Karno, Sang Poklamator Karismatik

10 Koleksi Mobil Klasik Bung Karno, Sang Poklamator Karismatik

Kamis, 08 Maret 2018 11:49 Mobil Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Apabila Anda mengetahui, ternyata Presiden RI Soekarno ini dikenal sebagai seorang figur yang sangat kharismatik dan memiliki selera seni tinggi. Tidak terkecuali dalam segi pemilihan mobil.

Mobil-mobil yang pernah digunakannya tersebut menjadi saksi perjuangan dari Soekarno pada zaman kemerdekaan, sehingga sudah sepatutnya juga bagi kita generasi penerus bangsa untuk menjaganya, serta merawat warisan orang yang pernah menjadi nomor satu di Indonsia tersebut.

Sementara itu dari sekian banyak mobil yang pernah digunakan oleh sang proklamator tersebut hanya terdapat beberapa mobil favoritnya yang masih terjaga dengan baik. Dikutip dari beberapa sumber yang berhasil Koropak rangkum, berikut 10 mobil peninggalan Soekarno yang masih terawat dan terjaga dengan baik.

 

10 Koleksi Mobil Klasik Bung Karno

 

1. Buick 8
Buick 8 limited edition keluaran 1938 lalu ini merupakan mobil kepresidenan pertama Republik Indonesia yang didapatkannya dari hasil rampasan Jepang. Mobil yang kemudian menjadi tunggangan pertama Bung Karno ini berasal dari mobil yang dimiliki seorang Jepang yang bertugas juga mengepalai Djawatan Kereta Api namun berhasil dicuri oleh seorang pemuda bernama Soediro. Buick 8 ini setia menemani Soekarno sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hingga 1949 lalu. Sekedar informasi, mobil ini memiliki mesin 8 silinder dengan kapasitas 5.247 cc dan hanya diproduksi sekitar 1.451 unit di dunia.

 

2. Chrysler Imperial
Chrysler Imperial ini diproduksi antara 1937 hingga 1939 lalu, sedangkan untuk mobil Chrysler Imperial milik sang Proklamator dengan pelat nomor B.9105 ini merupakan mobil keluaran 1938 lalu. Berdasarkan sejarahnya, mobil tersebut digunakan langsung oleh keluarga Presiden sebagai keperluan antar jemput anak-anak yang bersekolah di Perguruan Cikini.

 

3. Cadillac 48
Cadillac 48 ini juga merupakan mobil special edition dikarenakan hanya diproduksi selama 2 tahun, yakni pada 1948 hingga 1949 lalu. Mobil sedan empat pintu tersebut juga pernah menjadi koleksi Soekarno yang sangat legendaris dikarenakan mobil yang menggendong kapasitas mesin 5.700 cc dan 5.400 cc ini dikenal dengan nama lain Cadilac Sixty Special disebabkan juga menggunakan platform produksi tipe Series 60 dan tersedia juga dalam versi transmisi matik.

 

4. Chaika Gaz 13
Chaika GAZ 13 ini diproduksi antara 1959 hingga 1981 lalu dan juga merupakan salah satu mobil pabrikan asal Rusia yang pernah juga digunakan Soekarno. Mobil ini juga dibekali dengan mesin M13 5.5 L V8 yang mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 195 hp dan dilengkapi juga dengan transmisi otomatis 3-percepatan.

 

5. Chrysler Crown Imperial
Apabila melihat pada bentuk grill dan bumper depan, maka kemungkinan besar Chrysler Crown Imperial yang merupakan salah satu koleksi Soekarno ini diperkirakan telah diproduksi antara 1962 hingga 1964 lalu. Akan tetapi ada juga yang menyebutkan secara pasti bahwa mobil ini merupakan buatan 1963 lalu. Di tambah lagi tidak banyak informasi juga mengenai mobil ini namun, Anda bisa melihat beberapa mobil ini juga di Museum Angkut yang berada di Batu, Malang, Jawa Timur.

 

6. Chrysler Windsor
Chrysler Windsor Limousine lansiran 1947 milik Soekarno ini diproduksi pada 1939 hingga 1961 lalu. Berlanjut dari 1961 hingga 1966 lalu, namun produk tersebut hanya berlaku untuk negara Canada saja. Chrysler Windsor 1947 ini juga telah dilengkapi dengan mesin 250.6 CID L-head bertenaga 114 hp serta didukung juga dengan transmisi manual 4-percepatan.

 

7. Mercedes-Benz 600
Mobil mewah yang satu ini yakni Mercy 600 juga pernah menjadi salah satu koleksi Soekarno lainnya, bahkan diperkirakan Mercy ini merupakan lansiran 1960 lalu dan juga menjadi salah satu mobil terelit di zamannya. Sebagai orang nomor satu di Indonesia, sehingga sangat layak juga jika sang Proklamator tersebut menyandang mobil elit ini dalam mengemban tugas kenegaraannya.

 

8. Morris Mini Cooper
Mobil klasik yang terlihat mini atau kecil ini juga memiliki julukan yang sama, yakni Mini dan mobil Morris Mini Cooper juga merupakan mobil asal Inggris yang bernama British Motor Corporation. Selain itu Mini milik Soekarno ini menjadi produk suksesor yang diproduksi pada 1959 hingga 2000 lalu. Pada era 50-an Mini ini hanya tersedia ke dalam beberapa varian mesin yakni 0.9 L, 1.0 L serta 1.3 L dan mobil ini juga hanya terdiri dari 2 pintu seiring dengan bentuk bodinya yang mini.

 

9. Oldsmobile 98
Oldsmobile 98 milik Soekarno merupakan model mobil kelahiran 90-an yang diproduksi dari 1940 lalu dan mampu bertahan hingga 1996 lalu. Desain mobil ini juga dikerjakan sendiri oleh General Motors dan mendapatkan sumbangsih platform C-body dari Buick dan Cadillac. Menurut informasi, Oldsmobile Soekarno tersebut diperkirakan merupakan mobil pabrikan dari generasi kelima yakni pada 1961 hingga 1964 lalu. Karena hal tersebut berdasarkan pada bentuk bumper depan yang memang juga cenderung mewakilkan produk generasi kelima.

 

10. Lincoln Cosmopolitan
Lincoln Cosmopolitan merupakan mobil mewah pada masa itu yang diproduksi langsung oleh perusahaan mobil Ford. Sedangkan untuk Lincoln milik Soekarno ini diperkirakan merupakan produksi generasi pertama. Mobil klasik yang diproduksi pada 1948 hingga 1954 ini mengusung mesin 5.5 L V8 dan bertenaga 152 hp. Pada masa itu juga sudah berteknologi transmisi otomatis yang mendapatkan sokongan teknologi dari General Motors.*