Miliki Penggemar Terbesar Nomor Dua di Dunia, Piaggio Bangun Pabrik Di Indonesia

Miliki Penggemar Terbesar Nomor Dua di Dunia, Piaggio Bangun Pabrik Di Indonesia

Jum'at, 12 November 2021 07:34 Motor Cepy RN

 

Koropak.co.id - Diketahui, Piaggio merupakan sebuah perusahaan motor Italia. Perusahaan ini merupakan produksi sepeda motor dan skuter terbesar keempat di dunia. Piaggio memproduksi umumnya lebih dari 600.000 kendaraan. Perusahaan ini mempekerjakan 6.700 pekerja dan beroperasi lebih dari 50 negara.

Piaggio yang berhasil melahirkan Vespa pada tahun 1946 di Italia ini terus berkembang dan berinovasi seiring dengan perkembangan zaman. Mengikuti teknologi yang hadir dalam dunia otomotif, Piaggio tak kalah bersaing dan terus memproduksi berbagai tipe vespa.

Kendaraan yang sudah populer di Indonesia sejak tahun 1950-an saat ini menjadi primadona bagi kolektor yang mengerti akan syarat historis dari motor yang berfostur lebah ini. Dihargai dengan fantastic, mulai dari harga lima juta rupiah hingga ratusan juta rupiah vespa klasik dihargai oleh para peminatnya.

Melihat konisi dan peminat yang begitu antusias, perusahaan Piaggio asal Itali ini kembali memutuskan masuk lagi ke pasar Indonesia dan mendirikan pabriknya di tanah air.

Vespa pernah mendirikan pabrik perakitannya di Pulo Gadung, Jakarta pada tahun 1970-an yang menandai kejayaan Vespa di Indonesia pada waktu itu. Namun sayang sekali, pabrik itu harus ditutup pada 1998 karena krisis moneter.

 

Baca : Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto Buka Pameran Otomotif GIIAS 2021

Pada tahun 2011 melalui Piaggio Indonesia yang berperan sebagai agen pemegang merek kembali masuk ke tanah air dengan memasarkan kembali vespa dan pada tahun 2015 bertambah Aprilia dan Moto Guzzi sebagai anak perusahaan ikut menjual produk otomotifnya di Indonesia.

Setelah sukses dengan mengaspalnya Vespa di Indonesia selama 10 tahun, PT. Piaggio Indonesia mendirikan pabriknya di Indonesia. Pabrik Vespa atau Piaggio yang akan berdiri di atas lahan seluas 55.000 meter persegi di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Hal tersebut tentu mendapat sambutan hangat dari para penggemar vespa di Indonesia, dan dengan begitu Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India.

Dikutip koropak dari industri.kontan.co.id Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio Indonesia menyebutkan, Indonesia merupakan basis penggemar Vespa kedua di dunia setelah Italia.

Ia juga akan menargetkan Pabrik Piaggio di Indonesia akan mulai produksi pada kuartal keempat tahun 2022 dengan kapasitas 10.000 unit per tahun untuk melayani pasar domestik.

Sehingga pada tahap pertama, Vespa ditargetkan akan siap diluncurkan pada tahun 2022 di Indonesia.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini