Sayangi Rem Tromolmu Seperti Menyayangi Kekasihmu

Sayangi Rem Tromolmu Seperti Menyayangi Kekasihmu

Sabtu, 24 Maret 2018 12:09 trik Eris Kuswara

Rem Tromol Perlu Perhatian Khusus

Koropak.co.id - Perlu Anda ketahui ternyata mobil yang masih menggunakan perangkat rem jenis tromol atau drum memerlukan perhatian khusus dari sang pemiliknya. Ditambah lagi ketika kendaraan tersebut usai dicuci atau melintasi genangan air yang cukup tinggi.

Bahkan beberapa kasus yang pernah terjadi pada pemilik maupun pengguna mobil yang masih menggunakan rem tromol, mereka sering mengeluhkan kendaraannya tersebut tidak bisa bergerak maju dikarenakan peranti pengereman pada mobilnya macet.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan beberapa cara untuk mencegah rem tromol pada mobil Anda macet.

1. Pastikan setelah Anda mencuci mobil atau melewati genangan air, sebaiknya untuk tidak langsung diparkir apalagi untuk waktu yang lama dan pastikan juga perangkat rem tromol tersebut sudah kering ketika mobil Anda ingin parkir cukup lama.

Sayangi Rem Tromolmu Seperti Menyayangi Kekasihmu2. Gunakanlah rem parkir seperlunya saja dan tidak perlu juga untuk ditarik terlalu kencang. Untuk mobil bertransmisi manual dapat dibantu dengan memasukkan gigi 1 atau 2 agar kendaraan itu tidak bergerak jika dalam kondisi parkiran menanjak ataupun menurun. Sedangkan pada mobil bertransmisi otomatis, cukup dengan memposisikan gear di P dengan begitu rem parkir juga sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

3. Untuk garasi atau tempat parkir yang memiliki dataran tidak rata, maka cukup ganjal dengan batu atau balok agar mobil tersebut selalu pada posisi aman.

Pada zaman sekarang rem tromol atau drum pada mobil memang sudah banyak ditinggalkan oleh produsen kendaraan, khususnya kendaraan yang berasal dari Eropa. Namun ternyata beberapa pabrikan juga masih menggunakan teknologi lawas pada pengereman kendaraan tersebut terutama pada roda belakang.

Secara tidak langsung hal tersebut sangat berkaitan dengan efisiensi produksi, sehingga melakukan pemeliharaan berkala pada rem tromol tersebut dapat memangkas biaya perawatannya itu sendiri.*