Yuk, Gabung di Acara POT Beberesih Kota

Yuk, Gabung di Acara POT Beberesih Kota

Jum'at, 04 Mei 2018 13:42 Komunitas Clara Aditia

Koropak.co.id - Bagi Anda para kawula muda, Kamis (10/5/2018) bakal ada event seru yang digelar Perkumpulan Otomotif Tasikmalaya (POT). Ajang bertajuk POT Peduli Kota dengan program Kotaku Berbenah (bersih, berseri, indah) ini mengajak para pecinta otomotif di seantero Tasikmalaya untuk mengembalikan keasrian lingkungan yang tercemar oleh sampah dan aksi vandalisme.

Yuk, Gabung di Acara POT Beberesih Kota

Ketua POT, Enan Suherlan menuturkan untuk persiapan kegiatan bakti sosial bikers tersebut sudah dilakukan penyebaran undangan melalui medsos ke seluruh pengurus klub dan komunitas pecinta otomotif, baik yang berada di bawah naungan POT, maupun di luar.

"Mari bersama gotong royong fisik dan pikiran untuk kegiatan bakti sosial ini. Mari kita tunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan yang ada di Kota Tasikmalaya," katanya.

Untuk kegiatan pengecatan vandalisme kali ini, kata Enan, merupakan kali ketiga digelar. Sebelumnya pernah digelar pada Mei 2016, dan Januari 2017.

"Tujuannya, menggugah generasi muda untuk mencintai tempat kelahiran kita, Kota Tasikmalaya. Sebab, oleh siapa lagi yang akan menjaga kalau bukan kita," tuturnya.

Untuk menggugah para bikers, ujar Enan, sebelumnya POT menyosialisasikan rencana program tersebut kepada seluruh anggota POT melalui kegiatan silaturahmi POT.

"Ini menjadi agenda rutin kami, karena kami menargetkan dalam satu tahun POT ada 3 kali baksos. Tujuannya, kami ingin kehadiran POT bisa memberikan manfaat bagi daerah," kata Enan.

Selain pengecatan dan bersih-bersih kota, POT juga mengimplementasikan kepedulian sosial dengan memberikan santunan rutin ke yatim piatu, serta kepada korban bencana saat terjadi bencana di daerah.

Yuk, Gabung di Acara POT Beberesih Kota"Saat ada bencana, kami menyebarkan ke seluruh anggota POT untuk memberikan sumbangan, baik berupa uang atau bantuan apapun. Intinya, kita mengajak, kita menggugah nurani para bikers untuk membantu sodara kita yang tengah membutuhkan uluran tangan kita," katanya.

Ditambahkan Enan, di dalam POT ada 81 klub dan komunitas. Jadi, setiap kegiatan bakti sosial POT, diharapkan bisa diikuti seluruh anggota dengan harapan dapat menjadi sebuah kebaikan berjamaah.

Bagi masyarakat, kata Enan, bakti sosial yang digelar POT diharapkan dapat menjadi sebuah stimulus untuk bisa melakukan hal yang sama, yakni menebar kebaikan.

"Kami juga kan tidak tiap bulan menggelar bakti sosial, jadi kami harapkan ada kesadaran dan tanggungjawab bersama yang terinspirasi dan termotivasi dari kegiatan yang kami lakukan, yang senantiasa mengedepankan nilai-nilai moral, gotong royong, dan kekeluargaan," tuturnya.

Bagi pemerintah, ucap Enan, diharapkan mampu merangkul generasi muda. Program-prorgam ke depan diharapkan tidak hanya fokus pada infrastruktur tapi suprastruktur juga.

Yuk, Gabung di Acara POT Beberesih Kota"Hal yang harus diperhatikan pula adalah perubahan mind set atau mental masyarakat, khususnya kaum muda. Karena kalau tidak ada change, ya tidak mungkin memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan," tuturnya.

Ke depan, diharapkan pemerintah bisa memberikan ruang bagi kaum muda dalam mengaktualisasikan diri, sebab bagaimanapun jua kaum muda notabenenya sedang mencari jati diri. Jadi harus dirangkul dan diarahkan supaya dapat mengaktualisasikan diri ke arah yang positif.

"Misalnya, untuk mencegah vandalisme, pemerintah menggelar sayembara mural seperti yang sudah pernah dilakukan di kota lain. Jadi para kaum muda tidak sembarangan melakukan vandalisme, tapi diarahkan ke ruang yang lebih positif, yang juga bermanfaat menambah estetika kota," tutur Enan.*

Penulis : Atep Zulkarnaen