Tips Belajar Sepeda Motor Bagi Pemula

Tips Belajar Sepeda Motor Bagi Pemula

Senin, 09 Juli 2018 06:39 trik Eris Kuswara

Koropak.co.id - Mengendalikan keseimbangan beban motor saat berkendara juga sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan pengendaranya dan juga melatih mereka terbiasa disaat menghadapi situasi dalam keadaan macet. Karena dalam keadaan macet, maka yang harus kita lakukan adalah sebatas menarik gas dan mengerem.

Terdapat 3 alternatif bagi Anda yang masih dalam tahap belajar mengendarai motor agar bisa lebih mengendalikan beban motor yang dikendarai.

1. Kenal terlebih dahulu beban motor
Hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah lakukan secara rutin atau membiasakan diri untuk merasakan beban motor yang dikendarai contohnya seperti memakai motor dalam keadaaan mesin mati dengan menuntun motor dan berjalan disampingnya.

Anda juga bisa menuntun motor dengan posisi tetap duduk pada motor dan kaki berjalan sambil menjaga keseimbangan motor tersebut. Jika kita sudah terbiasa merasakannya, maka secara otomatis kita juga bisa memposisikan tubuh untuk menanggapi berbagai keadaan motor agar tetap seimbang.

Baca pula : Aduh, Bahaya Gunakan Smartphone Saat Naik Motor

2. Latihan maju dan berhenti
Anda juga harus bisa mempelajari kelemahan sendiri dalam hal keseimbangan dengan sering melakukan gerakan awal ketika Anda melajukan kendaraan, karena disinilah keseimbangan tersebut sangat diperlukan. Lakukan hal tersebut dengan penuh keyakinan dengan cara turunkan kedua kaki Anda sambil menarik gas secara perlahan, kemudian angkatlah kaki Anda jika sudah dalam keadaan seimbang.

Keseimbangan kedua yang harus diperhatikan adalah di saat Anda akan berhenti. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara melonggarkan gas sambil menarik tuas rem secara perlahan, kemudian turunkan kedua kaki tanpa menyentuh tanah untuk menjaga keseimbangan dan sentuhlah tanah jika sepeda motor yang Anda kendarai sudah benar-benar dalam keadaan berhenti.

3. Melatih keseimbangan dengan kaki
Disaat Anda duduk pada sepeda motor yang Anda kendarai, upayakanlah kedua kaki Anda bisa menyentuh tanah. Namun bagi wanita agar kaki bisa menyentuh tanah bisa dengan memakai alas kaki yang memiliki tinggi lebih, contohnya seperti high heels atau wedges, dan lainnya.

Perlu diketahui juga biasanya dalam kecepatan rendah keseimbangan seseorang dalam mengendarai sepeda motor sulit untuk dikontrol.

Baca pula : Memilih Sepeda Motor untuk Wanita

Oleh karena itu, usahakan untuk segera menurunkan kedua kaki atau salah satu tanpa menyentuh tanah hanya untuk menjaga keseimbangan tersebut. Bahkan jika diperlukan, Anda bisa melakukan pengereman kemudian turunkan kaki menyentuh tanah sambil berhenti karena kaki tersebut berguna untuk membantu Anda dalam menjaga keseimbangan.

Namun yang tidak kalah pentingnya adalah jangan lupa untuk berdoa dan tetap terus berusaha dalam belajar menguasai motor Anda, baik itu menguasai keseimbangan sepeda motor, menguasai cara menaikkan dan menurunkan gigi sepeda motor, serta menguasai hal-hal lain mengenai sepeda motor Anda.*