Alasan Tidak Boleh Memasukkan Oli Terlalu Banyak

Alasan Tidak Boleh Memasukkan Oli Terlalu Banyak

Selasa, 24 Juli 2018 12:10 Trik Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Pelumas pada sebuah kendaraan ini merupakan salahsatu komponen penting yang berguna untuk memuluskan kinerja dari mesin kendaraan. Oleh karena itu kendaraan pun harus secara rutin diganti olinya. Tetapi ingat, oli pada kendaraannya juga harus sesuai dengan takaran dan tidak boleh berlebihan

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu saat hendak mengganti oli seperti takarannya yang pas. Karena oli yang berlebihan itu dapat menimbulkan efek yang tidak baik juga pada mesin.

Faktanya juga oli yang berlebihan ini bisa berdampak pada penurunan kualitas. Sebab saat mesin bekerja, jika berlebihan akan menimbulkan gelembung-gelembung pada genangan oli tersebut kemudian bertabrakan dengan weight balance.

Baca : Kendall Lubricants Hadirkan Oli Motor Terbaru

Sehingga dalam takaran normal, sebaiknya oli hanya digunakan untuk melapisi saja dan jangan sampai menggenangi. Apabila oli tersebut menggenangi mesin, maka oli itu juga akan justru mudah keruh dan membuat kualitasnya sendiri menjadi menurun.

Bahkan efek negatif yang dihasilkan berikutnya adalah dapat menghambat kinerja dari mesin suatu kendaraan. Selain itu oli memiliki fungsi utama yaitu untuk melumasi mesin. Dengan begitu, kinerja dari mesin pun akan menjadi ringan dan minim gesekan. Karena oli yang berlebihan juga akan bisa menghambat kinerja dari mesin.

Baca : Cerdas Memilih Shock Breaker

Ditambah lagi karakter oli ini memiliki kekentalan yang konsisten dan jika dalam volume berlebihan, justru hal tersebut akan menimbulkan hambatan pada mesin. Dengan demikian kinerja dari mesin kendaraan justru akan terasa berat. Maka hasilnya, kerap kali oli yang berlebihan itu akan membuat performa motor menjadi turun. Jadi, perhatikan terlebih dahulu takaran oli yang pas untuk setiap jenis motor.*