Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

Jum'at, 27 Juli 2018 17:18 Trik Dede Hadiyana

 

Koropak.co.id - Touring merupakan bahasa keren ketika melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor. Agar perjalanan touring dapat diraih dengan Fun dan maksimal, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini tentunya agar mendapatkan kenyamanan saat berkendara apalagi perjalanan jarak jauh.

Beberapa hal penting yang harus memperhatikan didalam diri terlebih dahulu yakni kondisi sehat jasmani, sehat rohani, serta sehat finansial.
Apabila salah satu tidak terpenuhi, maka perjalanan Touring akan berbahaya.

Selanjutnya menentukan destinasi atau rute yang akan dilalui, serta waktu yang tepat saat pemberangkatan. Jika destinasi yang anda tuju sudah Familiar, persiapkanlah hal lain yang dibutuhkan. Namun, apabila destinasi yang dituju baru pertama kalinya, maka yang harus dilakukan adalah Survei tempat dengan bantuan Google Maps untuk rute perjalanan dan juga mungkin foto-foto kondisi lokasi destinasi tersebut.

Persiapan Riders (pengendara) dan Boncengers (sebutan untuk penumpang) juga harus diperhatikan mulai dari helm yang sudah Standard Nasional Indonesia (SNI) yang aman dan nyaman digunakan, jaket motor, Glove atau sarung tangan untuk mengendarai sepeda motor agar lebih Safety.

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

 

Baca : Aduh Bahaya Gunakan Smartphone Saat Naik Motor

Selain itu, sepatu atau Boots Protector pada bagian kaki dan siku, Sun Glases, perangkat GPS jika diperlukan atau dapat menggunakan fasilitas di android, dan kamera tentunya untuk dokumentasi selama perjalanan.

Langkah selanjutnya mempersiapakan kuda besi atau kendaraan yang akan digunakan untuk Touring. Dimulai dengan mengecek semua indikator On Speedometer, usahakan dalam keadaan normal semuanya. Cek Kondisi bahan bakar, cek kondisi oli mesin, dan jangan lupa juga untuk mengganti dan mengecek cairan pendingin mesin (radiator).

Lampu utama jangan dilewatkan, lampu sein bagian depan dan belakang, serta lampu rem. Apabila ada salah satu yang tidak bekerja dengan normal, baiknya diperbaiki terlebih dahulu.

Horn atau klakson penting juga dicek untuk menghindari konsleting kelistrikan pada kuda besi. Cek juga kondisi tekanan angin pada ban motor baik depan maupun belakang, kondisi kerenggangan pada rantai motor sama pentingnya. Yang pasti untuk motor diluar Matik.

Selain itu, tentunya ada yang lebih penting lagi yaitu lupa berdo’a sebelum Touring, meminta do’a restu orangtua agar lebih berkah, dan perjalanan benar-benar nyaman, aman selamat sampai tujuan.*

Baca Pula : Tips Belajar Sepeda Motor Bagi Pemula