Komunitas Vespa Masih Loyal Gunakan Eni Oil

Komunitas Vespa Masih Loyal Gunakan Eni Oil

Kamis, 02 Agustus 2018 10:05 Motor Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Berbicara mengenai Eni Oil, dahulu merek ini dijual dengan nama Agip dan sudah lekat dengan motor vespa. Bagaimana tidak, keduanya sudah menjalin kersama hingga puluhan tahun lamanya. Bahkan diklaim Komunitas Vespa juga masih loyal dalam menggunakan Eni Oil, meskipun kini oli asal Italia tersebut juga bukan lagi pelumas resmi dari Vespa.

Direktur Utama PT. Bahana Nusa Lubrindo (BNL), Imran Razy mengatakan, kolaborasi tersebut telah berakhir pada tahun lalu. Sehingga hal ini juga membuat salah satu produk Eni Oil yakni I-Ride Scooter ID yang dahulu bernama City Hi Tech, kini tidak lagi didistribusikan ke berbagai bengkel resmi.

“Kami sekarang tidak bisa lagi mengatakan ini merupakan oli yang direkomendasi oleh Vespa di dalam penjualan produknya,” kata Imran.

 

Baca : Alasan Tidak Boleh Memasukkan Oli Terlalu Banyak

Imran juga mengakui memang adanya penurunan penjualan I-Ride Scooter ID pada tahun ini. Namun, ternyata jumlah penjualannya tersebut tidak signifikan sama sekali.

“Untuk data penjualan produk ini juga mengalami penurunan yang tidak banyak dan tidak sampai 5 persen,” ucapnya.

Komunitas Vespa Masih Loyal Gunakan Eni Oil

 

Dikatakan Imran, penurunan relatif kecil ini dinilainya disebabkan oleh kesetiaan dari konsumen Vespa, dan pendistribusian yang dilakukan pada bengkel-bengkel tidak resmi dan kerap disambangi oleh komunitas.

“Untungnya para konsumen Piaggio sangat loyal sekali karena mereka mempunyai kesadaran yang sangat kuat terhadap sebuah merek. Jadi, meskipun kami tidak lagi menjadi oli resmi Vespa, namun mereka juga tetap memakai dan mencari oli dari kami,” ucapnya.

 

Baca : Tips Belajar Sepeda Motor Bagi Pemula

Sales Manager BNL, Kun Budi, menuturkan para pemilik Vespa ini tidak hanya mencari I-Ride Scooter ID di bengkel. Bahkan pencarian serta pembelian melalui situs jual-beli online pun kerap sekali dilakukannya.

“Oli ini memang diproduksi melalui kerja sama dengan Piaggio dengan mengeluarkan oli 5W-40. Sehingga kekentalannya sangat cocok dengan mesin Vespa. Namun Oli resmi yang sekarang 10W-40 juga sebenarnya lebih cocok untuk kami,” kata Kun Budi.*

 

 

Baca : Pecinta Vespa Klasik Purwakarta Hijrah