Kiat Aman Berkendara Saat Hujan

Kiat Aman Berkendara Saat Hujan

Selasa, 19 Februari 2019 22:04 Trik Dede Hadiyana

 

Koropak.co.id - Saat musim hujan datang, bahaya yang akan datang bukan hanya dari bencana alam saja, akan tetapi bahaya di jalan raya pun tidak jarang merenggut nyawa. Hal tersebut bisa saja terjadi diakibatkan jalanan yang menjadi lebih licin, belum lagi lubang di jalan yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air.

Kondisi itu pula yang mengakibatkan angka kecelakaan di jalan raya semakin meningkat, baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan pengendara atau orang lain.

Kendaraan dalam kondisi prima menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan saat musim hujan datang. Terdapat beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan. Berikut Koropak telah menyiapkan rangkumannya.

 

1. Cek semua kondisi ban
Cek tekanan angin dari masing-masing ban pada kendaraan karena ban merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika berkendara saat hujan. Dengan kondisi jalanan yang licin, tentunya harus didukung juga oleh kondisi ban yang prima. Alur ban yang masih baik akan membantu pengendara untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) atau tergelincir (slip) ketika hujan.

 

 

Koropak.co.id - Kiat Aman Berkendara Saat Hujan (2)

 

Baca : Manfaat Lampu Hazard Di Sepeda Motor

2. Cek semua lampu
Pemeriksaan selanjutnya terdapat pada lampu, baiknya untuk mengecek lampu depan atau lampu utama terlebih dahulu. Pastikan kedua lampu kiri dan kanan menyala dengan baik karena lampu depan sangat dibutuhkan saat sedang hujan. Biasanya pada saat hujan lebat, jalan tidak akan terlihat dengan jelas. Lampu rem atau lampu belakang akan sangat berjasa memberi tahukan kepada pengendara yang berada di belakang. Selain itu juga cek lampu sen kiri kanan dan pastikan semua menyala dengan baik.

 

3. Cek kontrol utama
Pada kontrol utama ini terdapat beberapa bagian mulai dari kemudi, pedal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan semua bagian tersebut dapat berfungsi dengan sangat baik dan tidak terkendala saat pengoperasiannya. Baiknya berikan perhatian dan perawatan ekstra, khususnya pada saat musim hujan. Selain dapat menjaga kondisi kendaraan tetap terawat, hal ini juga sangat dianjurkan agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kecelakaan.*

 

Baca : Trik Cuci Mobil dengan Hasil Maksimal