Modifikasi Motor Indonesia Sudah Mendunia

Modifikasi Motor Indonesia Sudah Mendunia

Kamis, 02 Mei 2019 15:35 Modif Dede Hadiyana


Koropak.co.id - Kemajuan teknologi, khususnya jejaring internet serta media sosial, membuat salah seorang nama modifikator motor di Indonesia semakin terkenal dan mendunia. Sampai-sampai membuat bikers luar negeri mencari part modifikasi di Indonesia.

Seperti dilansir dari Otomotifo, Kamis (2/5/2019), kisah seorang biker asal Rusia yang mencari pelek dengan ukuran lebih lebar untuk motor Kawasaki ER-6N miliknya hingga ke Indonesia yang sebelumnya sudah mencari dari website luar negeri namun hasilnya nihil.

"Kata dia, sudah cari pelek Chemco untuk ban belakang Kawasaki ER-6N itu ke Jepang, Thailand, dan Fihilipina, tapi tidak ada yang cocok. Eh, malah beli sama kami," ujar Sentul, mekanik Bengkel Tapak Lebar 46.

 

Koropak.co.id - Modifikasi Motor Indonesia Sudah Mendunia (2)

 

Tidak hanya itu, lanjut Sentul, pelek yang banyak diburu para pemilik moge Kawasaki seperti ER-6N, Ninja 650, dan Versys 650, meminta untuk langsung dikirim ke Rusia.

"Kami pun langsung mengirim pelek itu menggunakan Pos Indonesia dengan estimasi sekitar 1 bulan dari Jakarta sampai Moskow dan tentunya dengan biaya yang tidak murah. Kemarin dikenai biaya ongkos kirimnya Rp 2,6 Juta, padahal harga peleknya sendiri hanya Rp 2,5 Juta," katanya di bengkel Spesialis Upgrade Kaki-kaki Motor dan Ban dikawasan Jatiasih Bekasi, Jawa Barat.

 

Koropak.co.id - Modifikasi Motor Indonesia Sudah Mendunia (3)

 

Baca : Triumph New Speed Twin Resmi Hadir Di Indonesia

 

Diketahui karena ukurannya yang lebih lebar mencapai 6 inci, sedangkan ukuran standar pabrikan hanya 4,5 inci, pastinya lebih cocok untuk diterapkan ban lebih lebar pula seperti menggunakan ban ukuran 180 sampai 200.

Selain itu, pelek rilisan PT Alcar Chemco Indonesia tersebut sudah memiliki sertifikasi Japan Light Alloy Wheel (JWL), Departement Of Transportation (DOT), serta Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pelek Chemco ini dipilih untuk membuat pelek OEM dari beberapa pabrikan seperti Kawasaki.

"Dengan desain yang mirip dengan bawaan pabrik, membuat penampilannya tetap serasi dengan pelek bagian depan. Makanya, pelek ini banyak dicari para pemilik moge Kawasaki ER-6N dunia seperti bikers Rusia itu," ucapnya.*

 

Baca : Kreatif Warga Jombang Ciptakan Motor Batman