Penting, Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar

Penting, Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar

Rabu, 12 Juni 2019 12:01 Trik Dede Hadiyana

 

Koropak.co.id - Jangan sembarangan dalam mengisi bahan bakar, dan harap patuhi tata tertib yang berlaku di SPBU. Setidaknya hal tersebut bisa mengurangi tingkat resiko kebakaran yang terjadi pada mobil, khususnya mobil yang berusia di atas 10 tahun seperti halnya angkot. Untuk itu, berikut Koropak telah menyiapkan kiat mengisi bahan bakar pada mobil yang benar.

1. Kebiasaan yang berbeda
Para pemilik mobil memiliki kebiasaan berbeda dalam mengisi bahan bakar. Kadang ada yang sampai mengisi tangki penuh, atau cuma setengah saja tergantung kondisi keuangan. Apalagi seperti pengendara angkot, yang terkadang mengisi bahan bakar Rp 30.000 hingga Rp 50.000. Jika terlalu sering membiarkan tangki bahan bakar kosong, akan membuatnya cepat berkarat, jadi alangkah baiknya jika sering mengisi bahan bakar sampai penuh.

 


Koropak.co.id - Penting, Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar (3)

2. Matikan mesin saat mengisi
Penting untuk diperhatikan, mematikan mesin saat mengisi bahan bakar adalah hal utama agar tidak ada kejadian mobil terbakar saat isi bahan bakar. Alasannya, proses pengisian bahan bakar menimbulkan uap, dan mudah terbakar jika ada sumber api. Percikan bunga api pada mobil bermesin bensin sangat mudah terjadi sebab terjadi proses pembakaran dari busi ketika kondisi mesin menyala, bahayanya jika ada kabel yang bermasalah, yang dapat memicu kebakaran.

Dua hal tersebut seyogianya patut diperhatikan agar tidak terjadi kebakaran pada mobil, seperti halnya yang terjadi pada mobil angkot jurusan Singaparna-Terminal Indihiang Tasikmalaya yang hangus terbakar di Jalan Raya Timur Singaparna Borolong Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (11/6/2019).

 

 Koropak.co.id - Penting, Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar (4)

 

Baca : Kiat Aman Berkendara Saat Hujan


Diketahui, kebakaran terjadi saat angkot tengah melakukan pengisian bahan bakar. Api berhasil dipadamnkan setelah warga sekitar berjibaku memadamkan api yang dengan cepat membakar badan kendaraan.

Berdasarkan investigasi sementara, sumber api bermula dari konsleting kelistrikan mobil tersebut yang menimbulkan percikan bunga api yang seketika menyulut bahan bakar yang tengah diisikan pada angkot tersebut. Beruntung, dari musibah kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dan kemacetan yang cukup panjang pun tak terhindarkan, baik dari arah Tasikmalaya menuju Garut maupun dari arah sebaliknya.*

 

Baca : Mau Mudik? Simak Tips Irit Bahan Bakar