Sering Tertipu? Inilah Kiat Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Sering Tertipu? Inilah Kiat Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Selasa, 23 Juli 2019 08:05 OtoBursa Wanda Kurnia


Koropak.co.id - Seiring kemajuan gaya hidup, kendaraan telah menjelma menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Hal ini terjadi karena kebanyakan faktor kendaraan umum di Indonesia yang jauh dari kata nyaman, sehingga kebanyakan masyarakat lebih memilih membeli kendaraan pribadi.

Namun, dalam membeli mobil bekas, Anda harus memastikan kualitas kendaraan yang akan dibeli dengan mengetahui kondisi secara pasti dari mobil tersebut. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut Koropak telah menyiapkan kiat membeli mobil bekas dan berkualitas.

1. Periksa track record showroom
Saat ini, ada banyak tempat penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas, harap perhatikan track record dealer mobil bekas yang akan kita tuju.

2. Pastikan eksterior mobil prima
Dalam melakukan pengecekan mobil, ada beberapa bagian yang harus dicek, terutama bagian body mobil. Perhatikan pula bagian kaca, lampu, serta keempat ban-nya. Coba juga masuk ke kolong mobil untuk melihat apakah ada yang keropos dan karatan.

 

Baca : Buat Nyaman Mobil Setelah Lama Tidak Dipakai


3. Periksa seksama performa mesin mobil
Ini merupakan bagian penting yang tidak bisa dilewatkan. Mobil yang masih bagus biasanya memiliki ciri yang mudah distater. Setelah menyalakan mesin cobalah lakukan test drive. Untuk proses test drive ini sebaiknya dilakukan bersama penjual mobil agar si penjual mengetahui keadaan mobilnya.

4. Cek kelengkapan surat
Surat kendaraan adalah hal krusial yang wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan mendapatkan BPKB dan STNK yang asli, karena saat ini banyak sekali modus surat-surat kepemilikan kendaraan palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

5. Perhatikan asuransi mobil
Perhatikan asuransi pada mobil yang akan dibeli. Jika mobil tersebut memiliki asuransi, tentu ini akan sangat baik. Jangan khawatir, karena asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan yang membiayai asuransi mobil yang akan Anda beli.*

 

Baca pula : Kiat Agar Mobil Manual Tetap Irit Bahan Bakar