Soal Arogansi di Jalan, Ini Penjelasan Anggota Klub Moge

Soal Arogansi di Jalan, Ini Penjelasan Anggota Klub Moge

Rabu, 31 Juli 2019 08:21 Komunitas Ahmad Mukhlis


Koropak.co.id - Motor gede (Moge) sering merajai jalanan saat melaju di jalan raya secara konvoi. Biasanya moge lari dengan kecepatan tinggi, membunyikan sirine dan klakson keras, disertai suara knalpot yang menggelegar. Bahkan dari jarak sekitar 100 meter sudah terdengar raungan motornya.
Makanya ada kesan klub moge arogan di jalanan.

Salah seorang anggota Moge Club Indonesia (MCI), Damo kesan arogan itu tidak sepenuhnya benar. Secara teknis moge memang berbeda dengan kendaraan yang lain.

"Motor seperti ini harus melaju minimal kecepatannya 40 km/jam, sehingga ketika konvoi sekitar jarak 100 meter pun sudah terdengar suara knalpotnya. Maka kendaraan lain pun seperti sudah peka dan langsung menepi," kata Damo, saat berbincang di dengan Koropak kawasan Doboku Banjar Selasa (30/7/2019).

 

Koropak.co.id - Soal Arogansi di Jalan, Ini Penjelasan Anggota Klub Moge

 

Baca : Tips Aman Berkendara Dengan Motor Gede Bagi Wanita

 

Dikatakan Damo, kesan saja belum cukup untuk membuktikan pengendara moge arogan. Hal itu memang karakteristik moge yang memang berbeda dengan sepeda motor biasa.

"Jangan lihat motornya, tapi lihat bagaimana kami mengelola klub. Di balik hobi yang 'tidak murah' ini kami juga sangat peduli kepada masyarakat. Sudah banyak kegiatan sosial yang kami lakukan, seperti peduli bencana Lombok beberapa waktu lalu, bagi-bagi rezeki pada korban tsunami, tabligh akbar, dan masih banyak lagi," ucap Damo.

Damo mengatakan MCI yang berdiri sejak 11 November 2011 ini, kini telah memiliki beberapa chapter di berbagai wilayah di Pulau Jawa hingga luar Jawa. Ini menjadi ajang solidaritas dan mempererat silaturahmi antar anggota.

"Hobi boleh bergengsi, tapi peduli sesama dan etika sopan santun harus tetap dijaga dan jangan sampai meninggalkan kewajiban kita beribadah pada yang Maha Kuasa," tuturnya.*

 

Baca pula :

- Rombak Ninja R Menjadi Scrambler

- Honda Jepang Update Moge Teranyar