Inilah 5 Kiat Mudah Merawat Skuter Piaggio

Inilah 5 Kiat Mudah Merawat Skuter Piaggio

Minggu, 08 September 2019 09:32 Trik Dona Dela

 

Koropak.co.id - Bagi pemula, merawat skuter baru memang susah-susah gampang. Dibandingkan dengan Vespa lawas, skuter baru Piaggio dan skuter lain dari produsen asal Italia ini seperti Liberty, Medley, hingga Vespa Primvera cenderung mudah

Skuter modern Piaggio saat ini sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih. Bengkel resmi pun tersedia di seluruh daerah di Indonesia. Dengan demikian, kamu yang kurang mengerti mesin juga bisa merawat skuter kesayangan kamu di dealer resmi Piaggio. Berikut Koropak telah merangkum kiat melakukan perawatan sederhana untuk skuter Piaggio.

1. Gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi
Bahan bakar dengan oktan tinggi sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi skuter piaggio kamu agar tetap prima. Bahan bakar dengan oktan rendah akan membuat proses pembakaran menjadi kurang maksimal. Pilihlah bahan bakar dengan RON 90 ke atas seperti pertamax atau pertamax plus, sesuai dengan yang di sarankan pada buku panduan.

 

2. Ganti oli mesin serasa teratur
Setiap motor pasti wajib di ganti oli mesinnya setelah mencapai kilo meter tertentu. Apalagi jika skuter kamu sering diajak ke kampus atau ke kantor setiap hari. Jadwal mengganti oli mesin secara rutin jelas tidak boleh terlewatkan. Karena skuter piaggio modern sudah menggunakan mesin i-get berteknologi tinggi, umur penggantian oli lebih panjang dibandingkan motor kebanyakan. Jika skuter jarang digunakan, setidaknya gantilah oli selama setiap 2 bulan untuk tetap menjaga ke awetan mesin.

 

Baca : Aprilia RS 150 dan Tuono 150 Resmi Diperkenalkan

3 . Periksa CVT setiap 8000 KM
Sangat di sarankan untuk mengecek kondisi CVT ketika sudah menyentuh angka 8000 KM. Sesungguhnya angka 8000 KM tidak harus selalu di jadikan patokan, karena bisa jadi lebih cepat tergantung gaya berkendara kamu. Pengecekan CVT sesuai dengan jadwal sangat penting untuk meminimalisir gejala selip dan loss power.

 

4. Hati-hati terhadap jalanan rusak
Untuk kamu yang suka memacu skuter dengan kecepatan tinggi, berhati-hatilah terhadap jalanan yang rusak terutama lubang yang cukup dalam. Atur kecepatan agar guncangan pada skuter piaggio kamu tidak terlalu keras. Melintasi lubang dengan kecepatan tinggi memiliki potensi membuat injektor patah. Selain injektor, ada juga kemungkinan soket-soket pada skuter bisa lepas.

 

5. Bilas setelah terkena air hujan
Yang paling utama, kamu harus langsung membersihkan kotoran yang menumpuk di bagian kolong skuter yang dekat dengan komponen-komponen vital agar tidak cepat keropos.

Itulah beberapa tips sederhana yang sangat mudah diterapkan sehari-hari untuk merawat skuter piaggio milikmu. Tidak semua pengendara punya kesadaran ekstra untuk menjaga kondisi tunggangannya. Maka, untuk kamu, sayangilah skutermu seperti kamu menyayangi pasanganmu.*

 

Baca pula : Riwayat Honda Raja Sepeda Motor Indonesia