Tips Mengendarai Mobil Bertransmisi Manual

Tips Mengendarai Mobil Bertransmisi Manual

Sabtu, 28 September 2019 17:42 Trik Eris Kuswara

 

Koropak.co.id - Kini pengendara yang berada di kota-kota besar rata-rata lebih menyukai mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic. Karena wajar saja jalanan di kota besar yang macet membuat kaki akan terasa pegal apabila harus menginjak kopling secara terus menerus.

Berdasarkan informasi yang telah dihimpun Koropak, Sabtu (28/9/2019) mengemudikan mobil manual juga memang membutuhkan keahlian khusus karena berkendara di jalanan itu tentunya membutuhkan kemampuan yang baik serta tingkat kehati-hatian yang sangat tinggi. Berikut beberapa cara yang benar dalam mengendarai mobil manual.

1. Mengenali fitur mobil
Tips yang paling utama dan harus kamu lakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah mengenali dan menghafal beberapa elemen penting yang ada pada mobil seperti injakan rem, gas, kopling dan lainnya. Diusahakan kamu jangan sampai salah menginjak karena itu dapat sangat membahayakan.

 

Baca : Kiat Agar Mobil Manual Tetap Irit Bahan Bakar

2. Melakukan latihan di tempat yang tepat
Selanjutnya kamu harus banyak berlatih dan salah satu yang harus diperhatikan adalah lokasi yang akan dijadikan tempat latihan. Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar menyetir mobil manual, dengan luas lahan yang cukup maka kamu dapat berkonsentrasi penuh dalam menghafal bagaimana cara menyetir mobil manual.

3. Harus berkonsentrasi
Pada saat belajar mengemudikan mobil bertransmisi manual, pastikanlah pikiranmu lebih tenang, rileks dan berkonsentrasi penuh. Dengan demikian kamu akan lebih mudah dalam mengendarai mobil manual.

4. Proses penyalaan mesin mobil
Proses penyalaan mesin mobil juga menjadi bagian yang sangat penting, maka pastikanlah mobil dalam keadaan netral. Sehingga kamu bisa memulai untuk memutar kunci kotak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala, pastikan bahwa kamu mengetahui di bawah kakimu itu sekarang terdapat 3 jenis pedal.

 

Baca : Inilah Perbedaan Oli Mesin Dan Oli Transmisi Matik

5. Seimbangkan antara gas dan kopling
Ketika gear shift sudah berada di posisi gigi 1 tetapi mobil belum melaju? Jangan khawatir karena kamu pasti belum menginjak gas. Agar tampak mudah, maka kita bisa menganalogikan kopling dan gas mobil seperti jungkat-jungkit. Maka ketika gas akan ditekan, kamu harus angkat kopling secara berlahan-lahan.

6. Mengulangi langkah kelima untuk menambah dan menurunkan kecepatan
Untuk menambah dan menurunkan kecepatan, kamu perlu menginjak kopling. Namun perlu diingat juga, setiap perpindahan gigi baik naik atau menurunkan gigi, kamu harus selalu menginjak kopling dan mengingat prinsip jungkat-jungkit yang ada pada langkah kelima yang telah dijelaskan agar mobil bisa berjalan dengan baik dan tidak tersendat-sendat.

7. Jangan lupa siaga rem ketika gas sudah stabil
Untuk menjaga kestabilan mobil pada saat berada di jalanan maka jika dirasakan bahwa mobil berjalan terlalu cepat, sebaiknya kamu harus melakukan pengereman. Dengan demikian, secara otomatis kaki juga harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem.*

 

Baca pula : Trik Cuci Mobil Dengan Hasil Maksimal

 




Berita Terkait